Tips Promosi Perpustakaan Sekolah

Bookmark and Share


Tujuan promosi adalah memperkenalkan layanan, koleksi danfasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pemakai serta manfaat kegitan membaca itu sendiri.
Langkah-langkah promosi perpustakaan:
  1. Analisa kebutuhan: tentukan satu atau beberapa hal yang perlu dipromosikan membangun kerjasama.
  2. Libatkan pihak lain dalam lingkungan sekolah seperti guru atau murid. Kaitkan dengan materi pembelajaran yang ada dalam kurikulum sehingga guru tertarik merencanakan kegiatan dan sumber daya yang tersedia.
  3. Mempromosikan kegiatan agar komunitas sekolah tahu kegiatan yang akan dilaksanakan. Bisa dilakukan dengan membuat berita di website atau buletin sekolah atau membuat flyers yang ditempelkan di beberapa tempat di lingkungan sekolah.
  4. Pelaksanaan: pada saat pelaksanaan buat dokumentasi kegiatan.
  5. Melaporkan kegiatan. Ceritakan keberhasilan kegiatan promosi di website sekolah, buletin atau media lokal.
  6. Evaluasi kegiatan untuk melihat kekurangan dan kelebihannya untuk bahan perencanaan kegiatan di masa datang.

Media promosi yang dapat digunakan di perpustakaan sekolah:
  1. Logo dan slogan perpustakaan
Buat logo dan slogan perpustakaan semenarik mungkin. Bisa dengan menyesuaikan logo sekolah. Kita bisa mengajak peserta didik berpartisipasi dalam menciptakan logo atau slogan melalui lomba atau kegiatan lain.
  1. 2.      Newsletter
Perpustakaan dapat membuat newsletter atau buletin untuk dibagikan kepada guru atau murid yang berisi hal-hal yang terjadi di perpustakaan.

  1. 3.      Website
Jika memungkinkan, buatlah website khusus perpustakaan, atau dengan membuat halaman (bagian) khusus untuk perpustakaan di website sekolah yang harus diperbaharui secara berkala. Selain sebagai sarana promosi, websitedapat menambah prestise perpustakaan dan sekolah pada umumnya.
  1. Brosur
Buat brosur berisi sekilas pandang perpustakaan sekolah, antara lain visi, misi, layanan, aturan serta beberapa kegiatan perpustakaan.
  1. 5.      Display dan bulletin board
Buatlah display semenarik mungkin tentang buku-buku baru atau koleksi yang berkaitan dengan even yang sedang hangat dibicarakan. Bulletin board atau majalah dinding yang dibuat dan diganti secara berkala juga merupakan sarana promosi yang efektif.
  1. Poster
Pasang poster tentang buku, kegiatan membaca atau kutipan kata-kata motivasi.
  1. 7.      Booktalk
Booktalk adalah istilah yang biasa digunakan untuk mempromosikan buku agar menarik minat orang untuk membacanya. Booktalk berbeda dengan diskusi buku yang berisi penilaian tentang buku yang bersangkutan, tapi hanya menjelaskan apa kandungan buku tersebut dan dibuat semenarik mungkin. 
  1. Pembuatan media iklan
Dapat berupa film pendek atau slide berisi gambaran fisik dan kegiatan perpustakaan.
  1. Pembuatan souvenir (pembatas buku, tas)
Perpustakaan dapat membuat pembatas buku, tas atau kantung, mug atau kipas yang dicetak dengan logo dan slogan perpustakaan.
* Staff Wakaur Kurikulum
_________________



Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar