Anak Jalanan Punya Perpustakaan Untuk Umum

Bookmark and Share

Masih ingatkah kalian sob tentang artikel Hebat, Anak Jalanan di Sukoharjo Kini Punya Perpustakaan!

Dengan perjuangan mereka terdahulu, saat ini mimpi mereka untuk memiliki perpustakaan akhirnya terwujud. Perpustakaan ini pada awal berdiri memang bertujuan untuk menjadi media belajar bagi anak-anak jalanan. Tapi dengan berjalanya waktu pada akhirnya diputuskan jika Perpustakaan Anak Jalanan ini Dibuka untuk Umum.

Dikutip dari timlo.net (9/1/14), Perpustakaan Anak Jalanan yang dikelola Pemuda BNK Sukoharjo mulai di buka untuk umum, Rabu (8/1). Terdaftar, ada sekitar 1290 judul buku yang menjadi koleksi perpustakaan dari berbagai jenis dan berbagai bidang ilmu.

Koleksi buku perpustakaan yang diberi nama ‘Sobat Pustaka’ tersebut, antara lain bidang keagamaan, peternakan, pertanian, teknologi, seni, fiksi anak-anak, novel maupun majalah.

Agus Widanarko, Koordinator Komunitas pemuda BNK mengatakan, pihaknya serius mengelola perpustakaan tersebut, dengan menggandeng Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemkab Sukoharjo juga sejumlah pustakawan yang menjadi relawan BNK.
“Awalnya hanya penyediaan buku bacaan untuk melengkapi sekolah anak jalanan. Buku bekas sumbangan dari warga Sukoharjo, kemudian di lanjutkan respon positif dari Polres, Kodim, Dinsos Propinsi, bahkan Perpustakaan nasional juga menyumbang 500 judul buku. 70 persennya adalah buku baru,” ungkap Agus, Rabu (8/1).

Selain menyediakan buku bacaan, komunitas pemuda BNK kedepan berencana akan melengkapi sejumlah kegiatan antara lain bedah buku, perpustakaan CFD, hingga doorprice bagi pembaca rajin.

Salah satu pengamen binaan BNK Bayu, mengaku adanya perpustakaan anak jalanan dan perpustakaan umum ‘sobat pustaka’ BNK dapat menyalurkan hoby membacanya. Ia juga bisa belajar secara mandiri lewat buku dan tata cara beternak sesuai kegemarannya.




Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar