Cara Menambah Pengunjung Perpustakaan

Bookmark and Share


Perpustakaan Anda sepi pengunjung ?. Eit, jangan putus asa  dulu. Jangan langsung main tutup  pintu Perpustakaan rapat-rapat , hehe. Mari coba telusuri sebabnya. Ibarat kata pepatah, tak mungkin ada asap tanpa api. Sepinya sebuah perpustakaan pasti dilatarbelakangi oleh pelbagai sebab dan alasan.
Bisa jadi, buku yang tersaji di Perpustakaan kurang mengundang selera pembaca. Kurang beragamnya jenisnya. Kurang update buku-buku terbaru. Kurang informasi dan promosi tentang kesediaan jenis buku di Perpustakaan.

Mungkin juga, Perpustakan sepi bukan lantaran minimnya koleksi. Tapi tata ruang Perpustakaan yang tak sedap. Meja dan kursi yang tak beraturan. Kebersihan yang morat-marit. Kurangnya fasilitas penunjang seperti tempat ibadah (misalnya mushola), kamar kecil dan lain sebagainya.
Atau kemungkinan terakhir. Perpustakaan sepi bisa jadi karena minat baca masyarakat sebagai obyek Perpustakaan itu sendiri masih sangat kurang. Warga masyarakat belum menghayati pentingnya budaya membaca.
Beberapa tips berikut mungkin bisa dicoba untuk mendongkrak jumlah perpustakaan.
  1. Giatkan promosi perpustakaan. Jangan ragu untuk memasang pamvlet dan spanduk ( kalau ada dana tentunya, hehe) tentang pentingnya kegiatan membaca.
  2. Buat semacam reward dan lomba, terkait kegiatan baca dan tulis. Misalnya reward bagi pengunjung terbaik tiap bulannya. Lomba menulis resensi buku perpustakaan dan lain sebagainya.
  3. Usahakan untuk terus menambah koleksi buku terbaru. Dan penting juga, buat resensi untuk tiap buku baru. Pampang resensi buku tadi di mading atau papan info di depan Perpustakaan
  4. Buat tata ruang yang nyaman bagi pembaca. Tak harus dihiasi perabot mahal, yang penting bersih dan rapi dan so pasti nyaman.
  5. Perbaiki layanan bagi pembaca. Ramah dalam menyapa. Beri senyum dan ucapan terimakasih dan sebagainya.
Ya, mungkin sampai disini dulu.  Ada yang mau nambahi ?

Semangat


Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar