Anak cenderung membaca buku di internet

Bookmark and Share


Hampir setengah dari buku yang dibaca anak-anak dalam kejuaraan membaca nasional Inggris dibaca lewat internet.
Hal tersebut diungkapkan oleh Booktrust – lembaga sosial di Inggris yang mempromosikan kebiasaan membaca- sesuai dengan temuan lomba membaca Read for My School 2013.
Sebanyak 100.000 anak-anak berusia sembilan hingga 11 tahun yang berasal dari 3.600 sekolah mengikuti kejuaran tersebut.
Total seluruh peserta membaca lebih dari 400.000 buku dan sekitar 49% dibaca lewat internet dari perpustakan digital garis yang menawarkan 46 judul buku terbitan Penguin dan Dorling Kindersley and Pearson.
“Anak-anak duduk di ruangan mereka menggunakan iPads dan Xboxes untuk membaca dan bukan untuk permainan,” tutur Alison Keeley dari Brooktrust.
Kejuaraan membaca ini -yang dijalankan oleh Booktrust dan Yayasan Pearson dan didukung Kementrian Pendidikan- berlangsung sejak Januari hingga Maret 2013.

Membaca 273 buku

Sementara sebuah jajak pendapat di kalangan guru mengatakan bahwa perpustakaan digital amat populer di kalangan anak laki-laki dan yang memiliki kemampuan membacanya lebih rendah.
“Saya kira anak laki-laki dan yang membaca lebih buruk, lebih suka membaca lewat internet. Hal itu membuatnya berbeda dan lebih menarik, cara lain untuk menggunakan Xbox dan iPad,” kata Alison Keeley.
Para peserta kompetisi harus mendaftarkan buku yang mereka baca ke situs internet kejuaraan dan menjawab pertanyaan untuk membuktikan bahwa mereka memang sudah membacanya.
Pemenangnya adalah Megan Benson, siswa berusia sembilan tahun dari Devon, Inggris barat daya, yang membaca 273 buku selama periode kompetisi.
Sementara Jack Casey yang berusia 10 tahun meraih juara dalam kategori menulis kajian terbaik atas buku yang dibacanya.
Buku yang paling populer dibaca adalah kisah sejarah tenggelamnya kapal Titanic, dan edisi komedi dari dongeng Cinderella.
Pertengahan Mei lalu, sebuah survei di Inggris menunjukan anak muda lebih tertarik untuk membaca melalui layar komputer dibandingkan dengan buku cetak atau majalah umumnya.



Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar